Jumat, 16 Januari 2009

Aeroponik adalah cara bercocok tanam dimana oksigen ditambahakan ke dalam larutan unsur hara, sehingga memungkinkan perakaran menyerap unsur hara dengan cepat dan mudah. Teknik ini menghasilkan tanam yang tumbuh lebih cepat dah produksi yang tinggi.
Apakah hidroponik itu sama dengan organik?
Terjadi perdebatan yang cukup popular tentang pengertian pupuk dan budidaya secara organik. banyak orang ingin menerapkan organik ke dalam sistem hidroponik. Diketahui bahwa komponen pupuk organik tergantung pada organisme yang ada di dalam tanah untuk merubah bahan organik menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh tanaman. Pada sistem hidroponik, unsur hara yang diperlukan tanaman untuk tumbuh disediakan secara langsung. Hasilnya laju pertumbuhan jauh lebih cepat dan produksi lebih tinggi dan kualitas tanaman lebih baik dari pada yang hasil budidaya secara organik.
Mengapa bertanam dengan sistem hidroponik lebih baik dari pada bertanam di tanah?
Produk hidoponik lebih bersih dari pada yang ditanam di tanah, dan dalam waktu singkat petani dapat mengatur komposisi unsur hara untuk memaksimalkan pertumbuan dan meningkatkan produksi.
Bagaimana rasa produk hidroponik dibandingkan dengan produk yang ditanam di tanah?
Produk hidroponik biasanya lebih baik dari pada yang ditanam di tanah dalam hal rasa dan kandungan nutrisi. Hal ini disebabkan semua unsur hara yang diperlukan tanaman tersedia dengan cepat pada saat diperlukan.
Tolong dijelaskan lebih lengkap macam-macam unsur hara yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman!
Sekitar 160 tahun yang lalu para ilmuwan menentukan bahwa ada 10 macam unsur hara yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Tiga diantara 10 macam unsur hara tersebut didapat dari udara dan air, yaitu: C (Carbon), H (Hydrogen), O (Oksigen). Sedangkan yang lainnya N (Nitrogen), P (Phosphor), K (Potassium), Ca (Calcium), Mg (Magnesium), S (Sulphur) dan Fe (Besi) diambil oleh tanaman dari dalam tanah sebagai media tumbuh.Enam unsur hara tambahan ditetapkan sebagai unsur hara essential (penting) untuk pertumbuhan tanaman. Keenam unsur hara penting tersebut adalah Mn (Mangaan), Zn (Zinc), Cu (Tembaga), B (Boron), Mo (Molybden) dan Cl (Chlorine). (Dikompilasi dari berbagai sumber oleh: Iskandar Zulkarnain)

1 komentar: